A. Blog

    Blog merupakan salah satu bentuk aplikasi internet dan sempat menjadi tren baru di internet. Meskipun tidak sepopuler dulu karena kalah tren dengan media sosial, seperti Facebook, Youtube, Instagram, dan Twitter, blog masih digunakan sebagai sarana untuk menampilkan informasi di internet oleh berbagai pengguna perorangan maupun organisasi-organisasi tertentu.

    Pada awalnya blog disebut weblog. Namun, kini lebih populer dengan nama yang disingkat menjadi blog. Pada saat diperkenalkan, kata weblog mengacu kepada web pribadi milik seseorang yang sering di-update. Oleh karena itu, tidak heran jika blog dianggap sebagai catatan harian pribadi pemiliknya. Pada perkembangannya, penggunaan blog saat ini telah sangat meluas dan tidak hanya sekedar catatan harian pribadi saja.


1. Mengenal Blog dan CMS




    Tampilan blog tidak berbeda dengan tampilan website yang biasa kamu akses Hal ini karena keduanya sama- sarna disusun dari kode-kode yang disebut dengan kode HTML dan membutuhkan browser untuk menerjemahkan kode-kode tersebut menjadi tampilan website atau blog yang seperti kamu lihat.

    Perbedaan blog dan website terletak pada susunan tata letak tampilannya. Di dalam website, ada banyak halaman web yang masing-masing halaman web umumnya memuat satu topik. Halaman-halaman ini kemudian dihubungkan dengan link-link. Sebaliknya, blog memuat semua topik dalam satu halaman web. Topik-topik tersebut disusun berjejer ke bawah dengan urutan, biasanya mulai dari yang paling baru hingga yang paling lama.

    Selain dari susunan tata letak tampilan, perbedaan lainnya adalah blog memungkinkan para pembacanya untuk berpatisipasi dalam memberikan opini terhadap isi dari blog. Hal ini memungkinkan terjadinya interaksi dua arah antara pemilik blog dengan para pembaca,

    Oleh karena menggunakan kode-kode HTML, membangun website atau blog membutuhkan keahlian pemrograman. Namun seiring dengan kemajuan teknologi, dikenal CMS (Content Management System) atau sistem manajemen kanten. Sistem ini memungkinkan pengguna dapat membangun website dan blog tanpa harus memahami kode-kode HTML dan memiliki keahlian pemrograman.


    CMS dibangun oleh programmer menggunakan kode-kode HTML, CSS, dan JavaScript agar dapat digunakan untuk mengelola website dan blog dengan mudah. Pengguna cukup meng-upload file CMS ke alamat URL yang ingin digunakan, melakukan beberapa pengaturan, memilih template ampilan yang diinginkan, dan mengisi konten yang ingin dipublikasikan sehingga website atau blog dapat diakses oleh orang lain di internet.

    Kemudahan yang ditawarkan oleh CMS membuat banyak pengelola website dan blog memanfaatkannya untuk membangun website dan blog mereka. Selain itu, CMS memungkinkan pengguna melengkapi website dan blog dengan berbagai fitur tampilan serta dapat menampilkan informasi dalam bentuk tulisan, gambar, video, dan media lain yang diperlukan.

    Selain membangun blog menggunakan CMS di alamat URL sendiri, kamu juga dapat menggunakan CMS yang telah disediakan oleh penyedia layanan blog. Saat ini ada banyak penyedia jasa layanan blog yang sudah menyediakan CMS yang ditempatkan di internet dapat digunakan dengan cara mudah. Beberapa CMS yang paling populer adalah WordPress, Joomla, dan Drupal. Para pengguna internet dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk membuat blog sendiri tanpa harus dipusingkan dengan kode-kode HTML dan pemrograman web lainnya. Hal inilah yang menyebabkan pertumbuhan blog di internet berlangsung sangat cepat.

    Perkembangan blog yang pesat membuat PyraLab, perusahaan dari Silicon Valley, merasakan adanya kebutuhan layanan blog gratis. Oleh karena itu, pada Agustus 1999 PyraLab mendirikan Blogger (www.blogger.com). Kehadiran Blogger menjadi tonggak berarti dalam perkembangan blog. Blogger kemudian diakuisisi oleh Google pada tahun 2002.


Komentar